Senin, 07 Februari 2011

  
RANU REGULO - Semeru menjadi semakin banyak penggemar, semenjak film 5cm ditayangkan di layar lebar, sangat banyak orang yang penasaran dan berdatangan ingin melihat titik tertinggi di pulau jawa ini secara dekat.

Ada orang yang berambisi untuk menaklukkan dan menginjakkan kakinya di puncak, ada yang ingin sekedar beristirahat di tepian danau Ranu Kumbolo, ada yang ingin mengabadikan foto di padang savana sepanjang perjalanan, ada juga yang penasaran dan ingin membuktikan mitos tanjakan cinta yang diyakini dapat membuat cerita cinta para pendaki berjalan lancar, bahkan ada yang hanya ingin sekedar mengambil bunga edelweis untuk diberikan kepada sang kekasih (cara terselubung yang sangat klasik sekali dalam merusak alam)
Namun tidak buat saya, yang saya inginkan hanyalah ketenangan. Menjauh dari hingar bingar perkotaan yang semakin lama semakin sesak. Jika Semeru juga tak ubahnya layak perkotaan, lalu dimanakah letak ketenangan yang saya inginkan?


Taman Nasional Bromo Tengger Semeru menjawabnya. Tahukah kalian bahwa ada sebuah danau di kaki gunung Semeru yang dapat dijadikan tempat untuk menjauh dari para pendaki yang telah memenuhi Ranu Pani dan Ranu Kumbolo?. Masyarakat sekitar menyebutnya dengan Ranu Regulo.
Ranu regulo terletak di ketinggian 2.200 m diatas permukaan laut, tak jauh dari start pendakian Semeru. Danau ini memiliki luas sekitar 0,75 ha. Dari tempat ini, kita bisa melihat Gunung Semeru berdiri megah dengan kaldera di sekitar kawah. Kita hanya perlu melakukan perjalanan sekitar 30 menit, dan bersiaplah untuk mendapatkan pemandangan dan pengalaman yang berbeda dari pendaki lain

Sudah menjadi sifat saya untuk menemukan sudut pandang lain dari sebuah tempat wisata. Perspektif yang berbeda akan memberikan kita pengalaman yang berbeda pula. Orang bilang saya nekat, orang bilang saya tak patuh peraturan, namun percayalah, berenang di ketinggian merupakan salah satu mimpi saya yang tertimbun lama. Benar sekali, saya datang ke Ranu Regulo dengan membawa Snorkeling set lengkap.

Sudah banyak korban yang tertelan oleh dinginnya air di Ranu Regulo. Anda pun akan dilarang oleh petugas jika sempat terucap kata berenang di salah satu danau kawasan gunung Semeru. Tell me I can’t, then watch me work twice as hard to prove you wrong. Bukankah petualangan baru akan terasa jika anda berada di ambang batas?
Silahkan jawab dengan opini masing-masing, bagi saya, hidup adalah untuk mencoba semua hal. If you never try, you’ll never know. (Sumber: http://thelostraveler.com/)


WISATA SEMERU / MAHAMERU
Rute SEMERU

  • Tumpang - Ranupane
  • Tumpang - Ranupane Antar Jemput PP (Pergi-Pulang) 
Kelebihan Menggunakan Jasa Kami:
Untuk para calon pendaki, kami sediakan Camp pendaki dengan iuran seiklashnya/serelanya. dengan iuran seikhlasnya jauh lebih murah dibanding anda tidur dihotel/homestay pada umumnya.
Dengan Fasilitas Camp sebagai berikut :
- Tempat istirahat Pendaki sebelum naik atau sesudah turun (boleh bermalam)
- Kami sediakan alat-alat memasak dan dapur (free coffe), toilet/ kamar mandi, kamar tidur khusus dalam ruangan untuk pendaki wanita
- Area Camp strategis, mudah dijangkau dekat keramaian dan pasar. Memudahkan Anda belanja kebutuhan untuk pendakian

- Kami menyediakan persewaaan peralatan pendakian